Berbagai Jenis Layar Proyektor

Berbagai jenis layar proyektor tersedia di pasaran. Namun, hasil terbaik hanya dapat dicapai bila jenis proyektor tertentu cocok dengan layar proyektor masing-masing. Layar proyektor biasanya diklasifikasikan menurut sifat pemantulan cahaya dari bahan layar. Artikel ini memberikan gambaran umum tentang layar berbeda yang tersedia di bawah klasifikasi ini.

Layar difusi: Jenis layar ini memantulkan cahaya di semua tempat sehingga orang yang duduk di seluruh ruangan melihat kualitas gambar yang sama. Layar proyektor yang lengkap diterangi secara seragam, menampilkan gambar dengan kecerahan yang sama dari semua sudut dalam kerucut proyeksi layar. Namun demikian, kecerahan total gambar berkurang karena cahaya Cara Memilih Proyektor PowerPoint tersebar ke segala arah. Layar ini biasanya memiliki penguatan 1, yang berarti layar ini memantulkan jumlah cahaya yang setara jika dibandingkan dengan papan tulis putih standar.

Layar reflektif: Jika layar proyektor harus digunakan di tempat dengan cahaya sekitar yang tinggi, layar reflektif diperlukan. Layar ini memantulkan cahaya seperti cermin dan karenanya tidak boleh digunakan dengan proyektor bagian belakang. Mereka akan berfungsi sangat baik dengan proyektor ujung depan dan memiliki keuntungan proyektor yang lebih tinggi, biasanya dalam urutan 2. Layar reflektif semacam ini paling baik untuk proyektor yang dipasang di langit-langit karena dapat sewa proyektor jogja murah merefleksikan gambar pada sudut pandang yang sempit. Karena layar ini memiliki penguatan yang tinggi, sudut pandangnya relatif lebih kecil daripada layar difusi kualitas serupa.

Layar retro-reflektif: Layar ini paling sering digunakan dalam pengaturan dengan banyak cahaya sekitar. Layar retro-reflektif dirancang untuk memantulkan cahaya yang masuk langsung kembali ke sumber dan juga memiliki keuntungan proyektor yang tinggi. Namun jenis layar ini tidak disarankan untuk proyektor yang dipasang di langit-langit karena cahaya akan dipantulkan kembali ke proyektor dan kualitas gambar akan menurun untuk pemirsa yang duduk di depan layar proyektor. Mereka memberikan kinerja yang jauh lebih baik dengan proyektor yang dipasang di meja portabel.

Layar proyeksi belakang: Layar ini digunakan dengan proyektor proyeksi belakang dan dapat digunakan dalam semua kondisi. Karena sumber gambar ada di belakang layar, kualitasnya tidak dipengaruhi oleh jumlah cahaya sekitar yang ada. Layar ini memiliki penguatan yang sangat tinggi, biasanya sekitar 6 dan menghasilkan gambar berkualitas baik bahkan dalam kondisi terang.

Layar proyeksi belakang secara substansial lebih mahal daripada monitor ujung depannya dan oleh karena itu direkomendasikan hanya untuk penggunaan profesional. Selain itu, layar proyektor difusi dan reflektif dapat dengan mudah memberikan gambar berkualitas baik untuk pertemuan 25 hingga 30 orang.

 

 

Leave a Comment